Laptop OLPC dengan sistem operasi Windows

Yayasan One Laptop per Child (OLPC) resmi menggandeng Microsoft untuk proyek laptop murahnya, XO. Dengan kerja sama ini, maka sistem operasi Windows akan beroperasi pada laptop XO OLPC.

Awalnya, proyek yang dimulai tahun 2005 ini tidak melibatkan Microsoft. Gagasan tentang laptop murah XO ini ditelurkan oleh profesor Nicholas Negroponte. Misinya adalah untuk menghadirkan laptop yang terjangkau bagi anak-anak sekolah dasar di negara-negara berkembang.

Kerja sama antara Microsoft dan OLPC tersebut tampaknya bukan sekadar isapan jempol. Terbukti dari keseriusan kedua belah pihak membicarakan kerja sama tersebut. Bahkan paket software Sugar Laptop XO mulai diujicobakan pada sistem operasi Windows besutan Microsoft.

Sebelumnya, Sugar hanya bisa bekerja pada sistem operasi Linux dari Red Hat Inc. Sugar merupakan software pendidikan yang mengubah tampilan pada laptop dari berwarna ke hitam putih saat berada di bawah sinar matahari
langsung.

Microsoft rencananya akan memulai uji coba sistem operasi Windows pada laptop murah tersebut di pasaran pada awal Juni nanti. Dengan demikian konsumen dapat leluasa memilih, menggunakan sistem operasi Windows atau Linux.

[ sumber : detik.com ]

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: